Minggu, 28 April 2013

INTERFERON






INTERFERON
Diajukan untuk melengkapi tugas-tugas mikrobiologi II

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT_ZJdjfiWw8PDUS8EQcS6s6_gE92QDIqAM3XEJHIBG1gIcHRePQqTI7WNw

Oleh
Cut Shavrina Devinta Fauzi
1102101010043


FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH



INTERFERON

A.      Definisi Interferon

Interferon adalah hormon berbentuk sitokina berupa protein berjenis glikoprotein yang disekresi oleh sel vertebrata akibat rangsangan biologis, seperti virus, bakteri, protozoa, mycoplasma, mitogen, dan senyawa lainnya. Sejarah penemuan interferon dimulai pada tahun 1954 ketika Nagano dan Kojima menemukannya pada virus di kelinci. Tiga tahun kemudian Isaacs dan Lindenmann berhasil mengisolasi molekul yang serupa dari sel ayam dan molekul tersebut disebut interferon.
Interferon (IFNs)  merupakan protein yang dibuat dan dirilis oleh sel-inang dalam menanggapi suatu ancaman dari penyakit  pathogen seperti virus, bakteri, atau parasite dan atau sel tumor. Hal tersebut memungkinkan untuk komunikasi antara sel-sel untuk memicu pertahanan pelindung dari sistem kekebalan tubuh yang membasmi penyakit patogen atau tumor.
IFNs dikenal sebagai sitokin glikoprotein. IFNs memiliki fungsi lain yaitu mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel-sel pembunuh alami dan makrofag, mereka meningkatkan perlawanan terhadap infeksi atau sel tumor dengan mengatur presentasi antigen ke limfosit T, dan mereka meningkatkan kemampuan sel inang terinfeksi untuk melawan infeksi baru dengan virus.
Gejala yang dialami host (inang) tertentu, seperti sakit otot dan demam, keadaan ini terkait dengan produksi IFNs selama infeksi. Sekitar sepuluh IFNs yang berbeda telah diidentifikasi pada mamalia, tujuh dari ini telah dijelaskan untuk manusia. Interferon terdapat tiga kelas IFN: Tipe I IFN, Tipe II IFN, dan Type III IFN. Semua kelas IFN sangat penting untuk memerangi infeksi virus

B.       Jenis Inteferon

Terdapat tiga kelas interferon yaitu, alfa, beta, dan gamma.
1.         Interferon-α, dihasilkan oleh leukosit dan berperan sebagai molekul anti-viral. Penggunaan interferon-α untuk perawatan penderita hepatitis B dan hepatitis C dapat menginduksi hipotiroidisme atau hipertiroidisme, tiroiditis maupun disfungsi kelenjar tiroid. IFN-α memiliki efek anti-proliferatif dan anti-fibrosis pada sel mesenkimal.
2.         Interferon-β, dihasilkan oleh fibroblas dan dapat bekerja pada hampir semua sel di dalam tubuh manusia.
3.         Interferon-γ, dihasilkan oleh limfosit sel T pembantu dan hanya bekerja pada sel-sel tertentu, seperti makrofaga, sel endotelial, fibroblas, sel T sitotoksik, dan limfosit B.

C.      Fungsi Interferon

Interferon, terutama alfa dan beta memiliki peranan penting dalam pertahanan terhadap infeksi virus. Senyawa interferon adalah bagian dari sistem imun non-spesifik dan senyawa tersebut akan terinduksi pada tahap awal infeksi virus, sebelum sistem imun spesifik merespon infeksi tersebut. Pada saat rangsangan atau stimulus biologis terjadi, sel yang memproduksi interferon akan mengeluarkannya ke lingkungan sehingga interferon dapat berikatan dengan reseptor sel target dan menginduksi transkripsi dari 20-30 gen pada sel target. Hal ini menghasilkan keadaaan anti-virus pada sel target. Aktivasi protein interferon terkadang dapat menimbulkan kematian sel yang dapat mencegah infeksi lebih lanjut pada sel.
Fungsi lain dari interferon adalah untuk upregulate molekul kompleks histokompatibilitas utama, MHC I dan MHC II, dan meningkatkan aktivitas immunoproteasome. Tinggi MHC Saya ekspresi meningkatkan presentasi dari peptida virus ke sel T sitotoksik dan sel pembunuh alami, sedangkan proses immunoproteasome peptida virus untuk memuat ke molekul MHC saya, sehingga meningkatkan pengakuan dan membunuh sel yang terinfeksi. Tinggi ekspresi MHC II meningkatkan presentasi dari peptida virus ke sel T helper, ini rilis sitokin sel (seperti interferon dan interleukin lebih banyak, antara lain) yang sinyal dan mengkoordinasikan aktivitas sel-sel kekebalan lainnya. Interferon, seperti interferon gamma, langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan lainnya, seperti makrofag dan sel-sel pembunuh alami.
D.      Terapi Interferon

Interferon-α dan -β telah digunakan untuk penyembuhan berbagai infeksi virus, salah satunya adalah beberapa hepatitis C dan B tertentu yang bersifat kronis serta akut dapat menggunakan interferon-α. Sementara itu, interferon-γ yang berperan dalam aktivasi makrofag, digunakan dalam penyembuhan kusta lepromatosa, toksoplasmosis, dan leisymaniasis. Efek anti-proliferasi yang dimiliki interferon juga menyebabkan senyawa ini dapat digunakan untuk mengatasi tumor seperti melanoma dan Sarkoma Kaposi.
Terapi interferon digunakan sebagai pengobatan untuk kanker. Pengobatan ini paling efektif untuk mengobati keganasan hematologi, leukemia dan limfoma termasuk leukemia sel berbulu, leukemia myeloid kronis, limfoma nodular, kulit T- limfoma sel.  Pasien dengan melanoma berulang menerima rekombinan IFN-α2b. Tipe I IFNs memiliki potensi terapi untuk pengobatan berbagai macam leukemia dan tumor padat karena efek antiproliferatif dan apoptosis mereka, mereka anti-angiogenik. efek dan kemampuan mereka untuk memodulasi respon imun spesifik mengaktifkan sel dendritik, sel T dan sel NK cytolytic. Penelitian di daerah ini menerima penyelidikan intensif
Penggunaan interferon pengobatan memang dibatasi karena adanya efek samping berupa demam, malaise, kelelahan, dan nyeri otot. Selain itu, interferon juga bersifat toksik atau beracun terhadap hati, ginjal, sumsum tulang, dan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar